Jumat, 13 Mei 2016

GAMBARAN UMKM "KERIPIK IBU SUPRI"





A.      SEJARAH UMUM
Ny.Suprichatin yang lebih akrab dipanggil Bu Supri, sosok perempuan kelahiran tanggal  2 Oktober 1968 tinggal di Jalan Mandala No.2 Mulyoharjo Pemalang ini semula tidak pernah menyangka jika apa yang dikerjakan dan digelutinya berawal dari coba-coba ternyata membuahkan hasil yang lumayan memuaskan. Paling tidak usaha membuat paruh goreng( Keripik paru) dan rempeyek kacang yang dilakoni sejak 1995 mampu menghidupi keluarganya.
Semula hanya bermodal Rp 50.000,- Ibu Supri belanja paru dan kacang masing-masing 2 kg serta bahan-bahan lainnya. Setelah digoreng siap saji kemudian dikemas dalam plastik kecil-kecil dan diberikan label dengan ukuran  plastik 8 x 15 cm. Dari usaha  inilah kemudian Ibu Supri dibantu keluarganya mencoba memasarkan ke warung dan toko. Hal ini berlangsung setahun. Rupanya warung dan toko yang dititipi merespon positif dan memesan untuk segera dikirim lagi.
Sekarang ini setelah banyak permintaan dan pesanan Ibu Supri setiap harinya mampu memproduksi 20 kg paruh goreng siap saji dan 20 kg rempeyek kacang. Kemasan 2 ons dengan harga Rp 30.000,- untuk keripik paruhnya dan 250 gr dengan harga Rp 15.000,- untuk peyek kacang.

B.       FOKUS BIDANG USAHA
Berbagai macam olahan “Keripik Ibu Supri” sangat bervariasi contohnya: keripik paruh, peyek kacang, keripik tempe, dan peyek teri. Dari beberapa produk yang dihasikan, usaha ini masih tetap mengunggulkan produk keripik paru dan keripik kacang karena produk tersebut lebih banyak peminatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar